Dijemput Secara Adat diBone, Soni Sumarsono Berpesan Seperti Ini...


BONEKU.COM-Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono di Sambut Secara Adat Bugis Bone, sesaat sebelum melantik Penjabat Bupati Bone, ir HA Bakti Haruni, CES. di Rujab Bupati Bone kamis 19/4/2018.

Sebelum memasuki area Rujab Bupati Bone, Soni Sumarsono di payungi Lellu pangadereng (payung kehormatan kerajaan) di kalungi sarung Sutera dan di jemput Tari alusu (tarian penjemputan khas Bone).

Setelah tarian penjemputan usai, Soni yang di dampingi A Bakti Haruni, menginjakkan kaki di atas tana menroja (tiga tanah kerajaan Bone, Soppeng dan Wajo) sebagai tanda penghormatan tamu adat di Bone.


Soni juga terlihat memecahkan guci tanah yg berisi telur, yang dipandu pemangku Adat sebelum memasuki Musium arrajang (tempat penyimpanan pusaka Arung Palakka) di kompleks Rujab Bupati Bone.


Soni Sumarsono sangat bangga dan berterima kasih atas kedatangannya di tanah Bone yang dijemput secara adat dan berkesempatan masuk di Musium arrajang melihat brnda-benda peninggalan Raja Bone ke 16 Arung Palakka, Sultan Sa'a dudin Petta Malampe'e gemme'na.

Saat memasuki musium, Soni yang didampingi HA Fahsar M Padjalangi dan HA Youshand selaku pemangku adat berpesan, agar benda Pusaka kejayaan Kerajaan Bone pada masanya dijaga dengan Baik.


Ini adalah tanda Kejayaan Bone melalui benda-benda Pusaka ini, saya sangat bersyukur atas kesempatan yang di berikan melihat langsung Benda pusaka yang luar biasa. Tak semua orang diberi kesempatan seperti ini Ungkap Penjabat Gubernur Sul-Sel itu.(al87)
Share on Google Plus

About Admin Boneku

1 komentar: